Alasan Pembebanan Biaya Overhead Kepada Produk Atas Dasar Tarif Dimuka

1. Pembebanan biaya overhead pabrik atas dasar biaya yang sesungguhnya terjadi seringkali mengakibatkan berubah-ubahnya harga pokok per satuan produk yang dihasilkan dari bulan yang satu ke bulan yang lain. Hal ini akan berakibat pada penyajian harga pokok persediaan dalam neraca dan besar kecilnya laba atau rugi yang disajikan dalam laporan rugi-laba sehingga mempunyai kemungkinan mempengaruhi keputusan-keputusan tertentu yang diambil oleh manajemen perusahaan.
Pada prinsipnya harga pokok produksi per satuan tidak harus tetap sama dari bulan ke bulan, apabila harga-harga bahan, baik bahan baku maupun bahan penolong, serta tarif upah, baik upah tenaga kerja langsung maupun tidak langsung mengalami kenaikan, maka wajar juga apabila terdapat kenaikan harga pokok produksi per satuan dalam bulan terjadinya kenaikan tersebut. Naik turunnya harga pokok produksi per satuan tidak perlu terjadi bila penyebabnya adalah karena terjadinya biaya yang tidak normal dan turunnya kegiatan produksi yang sifatnya sementara.


Alasan Pembebanan Biaya Overhead Kepada Produk Atas Dasar Tarif Dimuka



Apabila biaya overhead pabrik yang sesungguhnya terjadi dibebankan kepada produk, maka harga pokok produksi per satuan dimungkinkan berfuktuasi dengan berbagai alasan berikut : 
a. Perubahan tingkat kegiatan produksi dari bulan ke bulan dimana di antara biaya overhead pabrik ada yang bersifat tetap dalam kisaran perubahan kegiatan produksi tertentu.
b. Perubahan tingkat efisiensi produksi dimana dalam bulan tertentu seperti tidak adanya pengawasan yang baik.
c. Adanya biaya overhead pabrik yang terjadinya secara sporadik, menyebar tidak merata selama jangka waktu setahun.
d. Biaya overhead pabrik tertentu sering terjadi secara teratur pada waktu-waktu tertentu.


Sebelumnya mengenai Tahap Penentuan Tarif Biaya Overhead Pabrik ini akan sangat membantu anda


2. Dalam perusahaan yang menghitung harga pokok produksinya dengan menggunakan metode harga pokok pesanan, manajemen memerlukan informasi harga pokok produksi per satuan pada saat pesanan selesai dikerjakan. Padahal ada elemen biaya overhead pabrik yang baru dapat diketahui jumlahnya pada akhir setiap bulan, atau akhir tahun. Sebagai contoh bila perusahaan memakai listrik dari Perusahaan Listrik Negara, maka jumlah tagihan listriknya baru dapat diketahui setelah bulan tertentu berakhir.

0 Response to "Alasan Pembebanan Biaya Overhead Kepada Produk Atas Dasar Tarif Dimuka"

Posting Komentar