Pentingnya Akuntansi Biaya

Pengantar Pentingnya Akuntansi Biaya - Adalah Untuk dapat memahami fungsi dan pengertian akuntansi biaya dapat diawali dengan pemahaman bahwa perusahaan dalam pengelolaan dan pencapaian tujuannya memerlukan alat. Alat bantu tersebut adalah manajemen yang dapat membantu perusahaan dalam pengelolaannya dan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.  Manajemen adalah proses yang sistematis dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan serta pengendalian pada seluruh sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

Di dalam Manajemen dikenal ada beberapa tingkatan, tingkatan tersebut adalah : 
1. Top management dengan orang yang bertanggungjawab adalah direktur utama, para direktur dan chief executive officer 
2. Midlle management dengan orang yang bertanggungjawab adalah general manager, manager dan kepala disvisi 
3. Lower management dengan orang yang bertanggungjawab adalah supervisor 

Dalam aktivitas operasionalnya seluruh tingkatan manajemen memerlukan data biaya. Data biaya tersebut digunakan dalam proses pengambilan keputusan operasional perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efisien dan efektif secara ringkas proses manajemen adalah sebagai berikut : 
1. Perencanaan adalah proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai dan mengatur strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Proses ini dapat disusun dalam jangka pendek dan panjang serta sekaligus menjadi alat dalam pengendalian. 
2. Pengorganisasian adalah proses mengalokasikan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan dan mengelola penggunaan sumber daya tersebut secara efisien. 
3. Pengarahan adalah proses mengarahkan, memimpin dan memotivasi agar pelakasanaan rencana dan penggunaak sumber daya tepat dan optimal 
4. Pengawasan dan pengendalian adalah proses yang memastikan bahwa seluruh perencanaan dilaksanakan dengan benar dan akan dilakukan tidakan koreksi jika terjadi suatu penyimpangan. 

Dalam proses pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan diperlukan sebuah struktur organisasi perusahaan. Struktur organisasi perusahaan akan bermanfaat pada sistem akuntansi biaya pada beberapa hal sebagai berikut :
1. Dalam penyusunan sistem biaya, pelaporan biaya dan pertanggungjawaban biaya adalah sesuai dengan wewenang dan hierarkhi organisasi 
2. Dalam penyusunan sistem informasi keuangan yaitu sebagai dasar pengambilan keputusan 

Pada gambar 1.1. dapat dilihat contoh struktur organisasi perusahaan dengan struktur lini dimana divisi produksi terpisah karena berhubungan langsung dengan penentuan harga pokok produk dan divisi keuangan menunjukan data biaya sebagai dasar dalam proses transaksi dan laporan biaya.

Gambar 1.1 Struktur Organisasi Perusahaan Lini

Pentingnya Akuntansi Biaya



Sekian mengenai Pentingnya Akuntansi Biaya, semoga ini dapat membantu.

0 Response to "Pentingnya Akuntansi Biaya"

Posting Komentar