Program Aplikasi Akuntansi

Program Aplikasi Akuntansi - Untuk memudahkan dan mempercepat proses pengolahan data akuntansi dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Hal ini terjadi karena kemampuan komputer untuk mengolah data yang jauh melebihi kecepatan manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer yang semakin maju, semakin banyak perusahaan (jasa dan dagang) yang menggunakan jasa-jasa komputer untuk memproses data akuntansinya.


Terdapat beberapa kelebihan yang dapat diperoleh dari sistem akuntansi yang berbasis komputer, antara lain:
a. Apabila dilihat dari segi kecepatan, sistem komputer dapat menghasilkan informasi jauh lebih cepat daripada manual dalam tenggang waktu yang bersamaan.
b. Dilihat dari volume hasil, volume transaksi yang diolah jauh lebih banyak.
c. Dari segi pencegahan kekeliruan, pengolahan data dengan komputer akan mencegah terjadinya kekeliruan di mana hal ini dibuktikan dengan menolak transaksi jika salah prosedur.
d. Dari segi posting otomatis, proses pemindahbukuan akan dilaksanakan menurut proses pengolahan data secara otomatis berdasarkan teknologi yang digunakan.
e. Dari segi penyusunan laporan, komputer dapat dengan cepat melakukan penyusunan laporan keuangan yang diharapkan.
f. Dari segi pencetakan dokumen, pekerjaan komputer dalam menghasilkan informasi menurut prosedur pemograman secara sistematis sehingga menjadi laporan yang diinginkan.

Dalam proses pengolahan data dengan komputer, siklus pengolahan data dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu masukan (input), pengolahan (process), dan keluaran (output).

Program Aplikasi Akuntansi


Program pengolah data utama yang digunakan oleh perusahaan adalah program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mengelola kegiatan transaksi. Program aplikasi akuntansi yang dapat digunakan untuk pencatatan transaksi keuangan adalah Microsoft Excel dan MYOB Accounting. Pada pembahasan kali ini akan dikenalkan program aplikasi MYOB Accounting. Tampilan program MYOB Accounting dapat dilihat di bawah ini.

Program Aplikasi Akuntansi 1


Hasil yang diperoleh antara program MYOB Accounting dengan manual adalah sama, yaitu Rp750.000,00. Perlu kalian ketahui bahwa program aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk menyusun jurnal penutup. Untuk lebih jelasnya kalian dapat mempelajari dari sumber lain.

Pengolahan data dengan menggunakan program MYOB Accounting hanya sampai penyusunan laporan keuangan. Sebelum suatu perusahaan melakukan entry (memasukkan) data transaksi, perusahaan terlebih dahulu mengisi identitas perusahaan yang terdiri atas nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon. Berikut ini bentuk jendela informasi mengenai perusahaan.

Program Aplikasi Akuntansi 2


Setelah identitas tersebut diisi dengan lengkap, maka langkah selanjutnya yaitu memasukkan data-data transaksi. Satu hal yang harus diperhatikan dalam memasukkan data-data adalah ketelitian. Karena satu kesalahan dalam menuliskan angka-angka akan menghasilkan laporan keuangan yang salah pula.

Sekian mengenai Program Aplikasi Akuntansi, semoga ini dapat bermanfaat dan terimakasih

0 Response to "Program Aplikasi Akuntansi"

Posting Komentar