Aturan Debit Kredit dan Saldo Normal

Aturan Debit Kredit dan Saldo Normal - Adalah mari kita bahas dengan tulisan dibawah ini.



Aturan Debit Kredit

Sebelah kiri suatu akun disebut sisi debit sedangkan sisi sebelah kanan disebut sisi kredit. Jenis akun menentukan bagaimana penambahan dan pengurangan yang terjadi di dalamnya dicatat. Untuk setiap akun, semua penambahan akan dicatat pada satu sisi dan semua pengurangan dicatat di sisi yang lain.

Telah dijelaskan di muka bahwa akun digunakan untuk mencatat penambahan atau pengurangan yang terjadi dalam pos yang bersangkutan. Oleh karena adanya ketentuan debit dan kredit tersebut, maka penambahan atau pengurangan yang terjadi dalam akun dapat dinyatakan dalam debit atau kredit. Aturan debit dan kredit dapat dijelaskan berikut ini.


Aturan Debit Kredit

(1) Aktiva
Aktiva bertambah didebit.
Aktiva berkurang dikredit.
(2) Kewajiban
Kewajiban berkurang didebit.
Kewajiban bertambah dikredit.
(3) Modal
Modal berkurang didebit.
Modal bertambah dikredit.



Saldo Normal

Jumlah penambahan yang dicatat dalam sebuah akun biasanya sama atau lebih besar dari pada jumlah pengurangnya. Oleh karena itu saldo normal semua akun adalah positif. Misalnya, jumlah debit (penambahan) pada akun aktiva biasanya lebih besar dari pada jumlah kredit (pengurangnya), sehingga akun aktiva biasanya mempunyai saldo debit. Sedangkan akunakun kewajiban dan modal biasanya mempunyai saldo kredit.

Berikut ini adalah ikhtisar aturan debit-kredit dan saldo normal untuk berbagai macam perkiraan.

Saldo Normal


Suatu transaksi dicatat ke dalam akun dengan menerapkan aturan debit dan kredit. Untuk itu setiap transaksi perlu diteliti lebih dahulu sebelum dicatat.

Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk meneliti setiap transaksi.
a. Tentukan pengaruh transaksi terhadap penambahan atau pengurangan aktiva, kewajiban, dan modal.
b. Tentukan akun yang dipengaruhi oleh transaksi tersebut. Gunakan bagan akun untuk menentukan akun-akun yang dipengaruhi transaksi tersebut.
c. Tentukan apakah sebagai akibat adanya transaksi tadi akun tersebut harus di debit atau di kredit, dan tentukan jumlah yang harus di debit dan di kredit.
d. Jumlah debit dan kredit dicatat dalam akun yang bersangkutan.


Sekian mengenai Aturan Debit Kredit dan Saldo Normal, semoga dapat berguna.

0 Response to "Aturan Debit Kredit dan Saldo Normal"

Posting Komentar