Akuntan Privat dan Akuntan Publik

Akuntan Privat dan Akuntan Publik - Adalah, mari kita bahas dengan materi dibawah ini.



Akuntan privat
Akuntan privat adalah akuntan yang bekerja pada perusahaan tertentu dan merupakan karyawan perusahaan tersebut. Berikut ini jasa-jasa yang diberikan akuntan privat.
a. Penyusunan Sistem Pengawasan Manajemen (SPM), yaitu sistem yang dirancang untuk memberi motivasi kepada para manajer pelaksana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen teras.
b. Akuntansi keuangan, yaitu proses akuntansi yang bersangkutan dengan siklus akuntansi transaksi keuangan, dari pencatatan transaksi hingga penyusunan laporan keuangan dan mengomunikasikannya dengan pengambil keputusan. Seorang akuntan berperan dalam pemilihan data yang perlu dicatat, menentukan pola pencatatan data sampai penyusunan dan penafsiran laporan akuntansi, termasuk di dalamnya merancang bentuk-bentuk laporan yang relevan.
c. Akuntansi biaya, yaitu proses akuntansi yang memantau, memilih, dan memproses data biaya, terutama pada perusahaan manufaktur (pabrik). Informasi tentang biaya merupakan elemen penting dalam pengumpulan harga pokok, perencanaan, dan pengendalian biaya serta untuk pengambilan keputusan.
d. Internal Auditing. Apabila perusahaan telah mencapai kapasitas besar biasanya mempunyai staf internal auditing. Internal auditing adalah staf yang bertugas mengevaluasi dan menginvestigasi secara khusus dan sistematik sistem akuntansi perusahaan. Hasil evaluasi dan investigasi tersebut merupakan masukan untuk mengadakan perbaikan atau bahkan perombakan terhadap sistem yang sedang dipakai. Keleluasaan untuk melakukan pemeriksaan merupakan syarat keberhasilan internal auditor.
e. Penganggaran, yaitu proses menetapkan rencana aktivitas perusahaan secara menyeluruh yang akan dilaksanakan perusahaan pada tahun mendatang, yang dinyatakan dalam satuan moneter tertentu. Akuntan sangat besar perannya dalam proses penganggaran.



Akuntan Publik
Akuntan publik atau external accountans adalah akuntan yang bergerak dalam bidang akun publik, yakni menyerahkan segala macam jasa akuntansi untuk organisasi bisnis ataupun nonbisnis. Atas penyerahan jasa-jasa itu akuntan publik memperoleh kontrapretasi yang biasa disebut fee.

Jasa-jasa yang dapat diberikan akuntan publik antara lain:
a. Audit laporan keuangan (financial statement audit), yaitu menghimpun dan mengevaluasi bukti mengenai laporan keuangan organisasi kliennya, dengan tujuan untuk memberi pendapat tentang kewajaran laporan keuangan tersebut. Suatu laporan keuangan disebut wajar jika laporan keuangan tersebut sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum.
b. Konsultasi manajemen. Dalam mengambil keputusan tertentu, manajemen sering kali membutuhkan informasi. Informasi tersebut harus diolah dengan kemampuan profesional yang menuntut adanya keahlian dan pertanggungjawaban. Jasa konsultasi manajemen yang dapat diberikan akuntan publik dapat berupa penyusunan sistem akuntansi, penyusunan sistem akuntansi biaya, business forecasting, dan konsultasi perpajakan.


Akuntan Privat dan Akuntan Publik




Sekian materi mengenai Akuntan Privat dan Akuntan Publik, semoga bermanfaat.

0 Response to "Akuntan Privat dan Akuntan Publik"

Posting Komentar