Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi AkuntansiAyo sama-sama kita bahas. Apakah penyusunan anggaran melibatkan akuntansi? Apakah perusahaan yang ingin melakukan go public di pasar modal harus memberitahukan kepada masyarakat mengenai kondisi keuangan perusahaan? Apakah dalam kegiatan perdagangan internasional melibatkan pencatatan perdagangan dan pembayaran?

Berbagai pertanyaan tersebut pasti Anda jawab dengan satu kata “ya”. Mengapa? Tentu saja, karena semua aktivitas tersebut melibatkan sistem akuntansi. Jadi, apakah akuntansi itu? Sedemikian pentingkah akuntansi dalam kehidupan ini?


Perhatikan peta konsep berikut ini!


Sistem Informasi Akuntansi


Berbagai hal dalam akuntansi, mulai dari dokumen sumber transaksi, proses pencatatan, pengikhtisaran, sampai dengan pelaporan dapat memberikan informasi yang diperlukan oleh pihak-pihak yang memerlukan, baik pihak intern maupun pihak ekstern. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai akuntansi, mari kita pelajari bersama materi materi blog ini.

Akuntansi memiliki peranan yang sangat luas apabila informasi yang disajikan tepat bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Pada pasar modal, untuk melakukan go public perusahaan harus menyajikan informasi akuntansi secara lengkap dan diumumkan pada masyarakat luas. Bagi perbankan, informasi akuntansi berperan sebagai bahan pertimbangan penilaian kelayakan keuangan perusahaan. Begitu pula bagi pihak-pihak lain. Coba Anda sebutkan pihak-pihak tersebut. Jadi, setelah kita amati bersama, akuntansi memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.



Tujuan Pembelajaran
Pada bab ini, Anda diajak untuk mempelajari akuntansi sebagai sistem informasi. Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu mengetahui fungsi akuntansi, memahami informasi yang disajikan dalam akuntansi, serta mengerti pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.



Motivasi Belajar
Dengan mempelajari materi dalam bab ini, Anda akan mengetahui jenis informasi apakah yang diperlukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi itu sendiri.



Sekian mengenai materi Sistem Informasi Akuntansi ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Sistem Informasi Akuntansi"

Poskan Komentar